Friday 28 August 2015

Tak di pungkiri lagi bahwa kita sering salah mengartikan antara upgrade dan update, bahkan tak sedikit dari kita yang menyamakan pengertian update dan upgrade, bahkan penulis pernah dipusingkan oleh salah satu petugas costumer service salah satu perusahaan telekomunikasi di indonesia yang menyatakan telah melakukan upgrade, padahal sebenarnya yang ia lakukan adalah update, ketika penulis mencoba menjelaskan bahwa yang ia lakukan sebenarnya adalah update bukan upgrade dia tetap kekeh dengan pendiriannya, bahwa yang ia lakukan adalah upgrade dan parahnya lagi istilah itu sudah di-awam-kan oleh perusahaan mereka bahwa hal yang dia lakukan itu adalah upgrade. Ok tanpa bermaksud membuat anda lebih bingung mari kita simak pengertian update dan upgrade.

Update adalah suatu proses menambal, memperbaiki, atau sering dikenal patch, proses ini dilakukan dalam rangka perbaikan, namun dengan tidak menambahkan fitur atau fasilitas yang baru. Hal-hal yang biasanya di update adalah software-software komputer, termasuk juga driver komputer.

Upgrade adalah suatu proses memperbaharui sesuatu, menambahkan fasilitas dan kemampuan yang baru. Hal-hal yang biasanya di upgrade bisa software maupun hardware. Dalam hal upgrade software biasanya dijumpai pada software-software kategori freeware atau gratis, ketika kita ingin meng-upgradenya maka kita akan dikenai bayaran, dan status software yang kita gunakan menjadi software berbayar atau berlisensi, ada yang mempunyai periode lisensi (misalnya sampai 1 tahun), ada juga yang lisensi selamanya atau seumur hidup, selama software tersebut masih di support oleh penyedia sofware. Selain upgrade ada juga yang dinamakan downgrade, downgrade adalah kebalikan dari upgrade, fasilitas-fasilitas yang ada dikurangi dengan alasan software yang hasil upgrade tidak bekerja sempurna alias cacat. Downgrade ini umumnya dilakukan pada Firmware suatu hardware, namun downgrade sangat tidak disarankan karena sering menimbulkan kegagalan fungsi. Demikian, ulasan tentang upgrade dan update, semoga dapat menambah wawasan kita semua. 
 
sumber utama

0 komentar:

Post a Comment

Sample Text

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Pages

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget

Patner Kerja ( Referensi )

http://debianzakariamustin.blogspot.co.id/ * http://ilmukomputerzakaria.blogspot.co.id/ * http://tkjzakaria.blogspot.co.id/ * http://www.linux.or.id/ * http://www.linux.org/ * http://www.debian.org/ * http://www.ugm.ac.id/ * http://www.stikom-db.ac.id/ * https://robosavvy.com/ * http://mikrotik.co.id/ * http://www.materitkj.com/ * http://pak-anang.blogspot.com/ * http://www.smkpraskabjambi.sch.id/ * http://berita-sekolah.blogspot.co.id/ * http://olanpraskab.blogspot.co.id/ * http://www.dirvinfo.com/ * http://www.perhitunganakuntansitkjzakaria.blogspot.co.id/ *