Friday 28 August 2015

Sebelum kita memasang instalasi listrik alangkah baiknya kita tahu dulu kualitas dan juga kegunaan kabel itu sendiri. disini aku ingin paparkan beberapa jenis kabel yang biasa dipakai untuk installasi listrik baik bersifat diluar rumah atau didalam rumah.
giga watt
Jenis-Jenis Kabel Listrik
pada umumnya kable listrik yang digunakan di bedakan menjadi 3 yaitu kabel NYA, kabel NYM dan kabel NYY. ketiga jenis kabel ini tentu mempunyai kekauatan dan tujuan tertentu. apakah anda tahu kalau kable yang berkualitas akan menyuplay arus listrik lebih stabil. nah untuk tujuan itu saya menulis tentan artikel Beberapa Jenis Kabel Listrik dan Juga kegunaannya. langsung saja kita bahas beberapa jenis kabel listrik. Kemampuan hantar sebuah kabel listrik ditentukan oleh KHA (kemampuan hantar arus) yang dimilikinya dalam satuan Ampere. Kemampuan hantar arus ditentukan oleh luas penampang konduktor yang berada dalam kabel listrik. Sedangkan tegangan listrik dinyatakan dalam Volt, besar daya yang diterima dinyatakan dalam satuan Watt, yang merupakan perkalian dari :
Ampere x Volt = Watt
Pada tegangan 220 Volt dan KHA 10 Ampere, sebuah kabel listrik dapat menyalurkan daya sebesar 220V x 10A = 2200 Watt.

KABEL N.Y.A

giga watt
Jenis Kabel N.Y.A
Biasanya digunakan untuk instalasi rumah dan sistem tenaga. Dalam instalasi rumah digunakan ukuran 1,5 mm2 dan 2,5 mm2. Berinti tunggal, berlapis bahan isolasi PVC, dan seringnya untuk instalasi kabel udara. Kode warna isolasi ada warna merah, kuning, biru dan hitam. Kabel tipe ini umum dipergunakan di perumahan karena harganya yang relatif murah. Lapisan isolasinya hanya 1 lapis sehingga mudah cacat, tidak tahan air dan mudah digigit tikus.
Agar aman memakai kabel tipe ini, kabel harus dipasang dalam pipa/conduit jenis PVC atau saluran tertutup. Sehingga tidak mudah menjadi sasaran gigitan tikus, dan apabila ada isolasi yang terkelupas tidak tersentuh langsung oleh orang.

KABEL N.Y.M

giga watt
Jenis Kabel N.Y.M
Digunakan untuk kabel instalasi listrik rumah atau gedung dan sistem tenaga. Kabel NYM berinti lebih dari 1, memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna putih atau abu-abu), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Kabel NYM memiliki lapisan isolasi dua lapis, sehingga tingkat keamanannya lebih baik dari kabel NYA (harganya lebih mahal dari NYA). Kabel ini dapat dipergunakan dilingkungan yang kering dan basah, namun tidak boleh ditanam. untuk ketahaan kabel ini tentu lebih tahan daripada kabel NYA karena terlapisi 3 isolator

KABEL N.Y.Y

giga watt
Jenis Kabel N.Y.Y
Memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna hitam), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Kabel NYY dieprgunakan untuk instalasi tertanam (kabel tanah), dan memiliki lapisan isolasi yang lebih kuat dari kabel NYM (harganya lebih mahal dari NYM). Kabel NYY memiliki isolasi yang terbuat dari bahan yang tidak disukai tikus. kabel ini cocok sekali ditanam di tembok gedung atau di bawah permukaan tanah.

dari ketiga jenis kabel diatas baisa dipakai untuk instalasi listri rumahan. dengan ketahanan dan juga kwalitas dari kabel itu sendiri. tips saya buat anda yang mungkin ingin memasang instalasi listrik pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan anda dan juga tak kalah petingnya yaitu standart kabel tersebut karena sekarng ini banyak sekali kabel-kabel yang tidak standart pemakian beredar dipasaran yang mempunyai mutu kurang baik. jangan pernah tergiyur dengan kemurah kabel yang ditawarkan namun kualiatas kabel itu sendiri yang kita utamakan, karena kabel instalasi rumah bersifat jangka panjang, mungkin hanya itu tips yang bisa aku bagikan buat anda. semoga artikel tentang Jenis-Jenis Kabel Listrik dan Juga kegunaannya bermafaat buat anda.
sumber

0 komentar:

Post a Comment

Sample Text

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Pages

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget

Patner Kerja ( Referensi )

http://debianzakariamustin.blogspot.co.id/ * http://ilmukomputerzakaria.blogspot.co.id/ * http://tkjzakaria.blogspot.co.id/ * http://www.linux.or.id/ * http://www.linux.org/ * http://www.debian.org/ * http://www.ugm.ac.id/ * http://www.stikom-db.ac.id/ * https://robosavvy.com/ * http://mikrotik.co.id/ * http://www.materitkj.com/ * http://pak-anang.blogspot.com/ * http://www.smkpraskabjambi.sch.id/ * http://berita-sekolah.blogspot.co.id/ * http://olanpraskab.blogspot.co.id/ * http://www.dirvinfo.com/ * http://www.perhitunganakuntansitkjzakaria.blogspot.co.id/ *